Sebelum memulai, saya memiliki beberapa pertanyaan pengantar untuk anda semua.

Pernahkah anda menemukan suatu benda di dalam kelas?
Pernahkah anda kehilangan suatu benda di dalam kelas?

Taukah anda bagaimana cara menyatakan dan menanyakan hal tersebut ke dalam bahasa Jepang?Thinking smile

Bila salah satu dari pertanyaan di atas ada di dalam benak anda, maka sekarang saatnya kita berlatih bagaimana pola kalimatnya agar apa yang ada di dalam benak kita dapat kita ungkapkan dengan menggunakan bahasa Jepang.
Untuk menyatakan benda yang ada atau tidak ada pada suatu tempat kita dapat menggunakan.

Untuk menyatakan benda yang adaIn love
きょうしつ の なか に かびん が あります。
Di dalam kelas ada vas bunga.

つくえ の えう に ほん が あります。ふでばこ も あります。
Di atas meja ada buku. Kotak pensil juga ada.

かばん の なか に じしょ と ほん が あります。
Di dalam tas ada buku dan kamus.

Untuk menyatakan benda yang tidak ada.

いす の した に なに も ありません。
Di bawah kursi tidak ada apa-apa.

Untuk menanyakan benda.

Q:つくえ の うえ に なに が ありますか。
Di atas meja ada apa?
A:ほん が あります。
Ada buku.

Q:メタさん の ふでばこ は どこに ありますか。
Kotak pensil milik Meta ada dimana?
A:かばん の なか に あります。
Ada di dalam tas.

Q:これ は だれの かばん ですか。
Ini tas milik siapa?
A:わたし の です。
Milik saya.

clip_image001[6]